Jumat, 15 Februari 2013

ke(se)nangan itu bermula dari olahraga


olahraga. ya itu adalah salah satu minat saya terhadap sesuatu bidang selain banyak hal lainnya yang menyita perhatian. sebut saja, beberapa olahraga yang saya tekuni semenjak SD sampai beberapa waktu belakangan ini masih saya lakoni yaitu main voli, berenang dan badminton. untuk sepakbola dan basket saya hanya jadi bagian pendukung yang setia tereak tereak menonton di depan tivi atau di pinggir lapangan. 


saya kenal berenang pertamakali sejak kecil banget, sejak masih belum taman kanak-kanak kayanya. itu bisa dijelaskan dengan adanya photo saya dan adek yg lagi anteng kecipak kecipak di kolam renang yang setia dipajang di dinding ruang tamu rumah dr jaman baheula sampe detik ini. --,-- 
itu menjelaskan banyak hal, tentunya. di keluarga saya, yang cuma ber-empat itu, semuanya bisa berenang. saya dan adik dikenalkan dengan air sejak kecil (jelas selain mandi :p), bahkan sudah dicemplungkan ke laut sejak dini juga. alhasil saya masih ingat ketika air laut yg asinnya ga nahan itu masuk ke mulut, dan bapak yang ada malah ketawa-tawa. maksudnya sih baik, biar anaknya ga takut nyemplung berenang. itu wajar, soalnya bapak ibu dua-duanya berasal dari daerah pesisir, jadi berenang bagi mereka adalah suatu keharusan skill yg wajib dimiliki anak-anaknya.
dan bahagianya, anak-anaknya pun suka. :D


selain berenang, saya suka banget main voli. banget. nemu bola aja apagitu yg sebesar bola kaki dan empuk, pasti saya langsung pantul-pantul pake tangan. dulu mah masih bisa passing bawah pake tangan nyampe 20-30 kali mantul gak jatuh-jatuh. waktu SD kelas 3 sampe lulus dan masuk SMP, dikenal sebagai salah satu maestro voli satu sekolahan :P. nilai olahraga saya kalo lagi ambil test voli, selalu bagus. hahaha *hidung mengembang. waktu kuliah pun (bahkan smpe tingkat akhir lg nyusun TA) masih aja ngebela kejuaraan voli antar program studi yg diadain ama himpunan jurusan. mainnya juga cool aja, tetep pake rok panjang, manset dan jilbab. gak pake celana training2an, dan bahagianya kagak diprotes sm wasit. haha. menang? gak sih cuma ampe semifinal doang, hiks.


selain voli, olahraga rutin lain yg masih dilakoni yaitu maen badminton. ah ini mah favorit sm sodari2 satu angkatan. dulu, tiap sabtu/minggu jdwal rutinan kita jualan di balairung untuk cari dana buat dauroh dsb, yg akhwat2 jagain tempat juga jajain dagangan sambil main badminton, nah yg ikhwan disuruh ngider2 muterin rektorat sama balairung ahaha. seringnya, ikhwannya kepengen, trus minjem raket kita, kitanya yg disuruh ngider. -dasaar lagian kaga mau bawa raket sendiri.


kesenangan melakukan aktifitas olahraga menurut saya menimbulkan sensasi sendiri. selain sehat, juga sangat memicu adrenalin. misal, di awal2 baru bisa berenang di tempat dalam bermula karena jenuhnya berenang di tempat cetek. alhasil di kelas 4 SD saya coba lah di tempat dalam, sambil bawa2 papan luncur. asik juga ya, kaki ngambang gitu, ga menjejak ke lantai. lalu timbul keadaan saya pernah hampir tenggelam. tapi itu jadi pacuan, untuk segera lepas dari papan luncur. akhirnya, beneran dilepas deh. awalnya masih pegangan di pinggir kolam renang, terus belajar untuk gerakkin kaki terus menerus. masih timbul tenggelam sih, tapi lama kelamaan jadi ngambang sendiri. yes berhasil! senang bukan mainjuga saat challenge untuk berenang gaya punggung. ini disebabkan saya ngiri ngeliat adek saya udah bisa duluan. saya coba, yassalam tenggelam mulu. saking geregetan saya tanya, "gimana sih caranya?" dijawab adek, "yaudah lu tinggal balikin badan, coba telentang terus gerakkin kaki sama tangan" dicoba terus, terus.. tetep tenggelem. saya lupa usaha keberapa dan berenang berapa kali saya baru bisa gaya itu. asyiknya, itu jadi gaya favorit kalo lagi berenang di laut. :))))


sampai, kesenangan itu dibayar mahal ketika saya memutuskan berjilbab. susah mencari tempat renang di daerah depok yang mensupport kebutuhan untuk muslimah yg suka berenang. alhasil dari 4 tahun yang lalu, saya baru sekali berenang.. ke laut pun, cuma duduk2 di pinggir pantai. huhuhu *jujur saja sedih sekali. itupun kolam renang yg hampir sesuai kriteria hanya tersedia di daerah tebet. cuma sekali saya kesana, kolam renangnya enak lumayan tertutup walau outdoor karena dinding pembatas gedungnya tingginya sampai 4 meteran. cuma, buat saya itu masih sangat kurang. kurang besar kolamnya. ya, bagi pecinta renang, kolam renang besar adalah kebutuhan mutlak untuk menghilangkan dahaga untuk berenang. makanya kalo diajak kesana, saya rada enggan.
jadi cuma renang saja yang tidak dilakukan dalam kurun waktu 4 tahun ini, voli dan badminton masih walau sesekali. itu juga yg jadi pemikrian saya, kenapa saya ga coba buka bisnis Kolam Renang Indoor yg pokoknya mensupport segala keinginan perenang sejati ~ceilaa. tentu, akan saya pisah jadwal renang bagi laki-laki dan perempuan. pokoknyaa tempaatnyaa nanti amat besaar. sekalian cita2 sih selain bikin ukuran olympic standart, juga mau nyediain kolam yg buat para pemula-baru belajar renang. jd ga rebutan tempat hehe. sekalian rencananya ada kolam khusus ibu2 hamil yg mau berenang, tempat anak2, juga buat para diver, yg akan mengambil lisensi menyelam. fyi, untuk mendapatkan lisensi menyelam itu dilakukan justeru di sebuah kolam renang besar dengan hampir kedalaman mencapai 10 meter. nah, lumayan kan tuh. sebuah peluang selain tentunya juga nanti saya yg seneng memiliki tempat untuk menuntaskan dahaga renang itu sendiri.. yah, memang masih jangka panjang sih. karena investasinya pasti besar sekali. semoga nanti, akan bisa terwujud. Aamiin.

regards,
Rayung ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar