Sabtu, 07 April 2012

intermezzo, dan tersenyumlah engkau :)

The happiest couples never have the same character. They have the best understanding of their differences…
Memahami ternyata… bukan berangan-angan untuk memiliki karakter yang sama sehingga dirasa saling mengerti.

kita memang tidak tahu, jodoh kita siapa. mungkin saja Ia datang dari belahan bumi sana. mungkin saja Ia sama gundahnya dengan kita yang tengah memendam perasaan untuk segera menyempurnakan Dien. atau bisa jadi justru Ia sudah ada disekililing kita saat ini, tanpa kita sadar, dan hanya waktu yang bisa menjawab, hingga bisa jadi kemudian terujar “ooh.. jd selama ini kamu toh orangnya :p “

tapi ketika telah waktunya bersatu, kita yang awalnya dulu tidak pernah tahu. sampai kemudian tidak ada tabir yang memisahkan, semua tersingkap dengan jelas dan lugas. dan, itulah yang wajib kita syukuri. mencintai apa adanya masing-masing. dari perbedaan yang makin tampak..

sok tau sekali saya ini ya :) belum berpasangan, tapi lagaknya.. haha

ah gapapa, karena pernah mengerti secuil rasanya seperti apa. punya partner amanah beragam karakter, makin hari makin ketauan, jadi makin tau cara menghadapinya. heuheu.. dari yang sigap sampai yang yaa begitu deh.. hehehe #NoComment

under misscommunication? jangan ditanya, sering banget.. ya karena itu.. karakter nya beda, banget. pemikirannya juga beda, sifat apalagi.. ampe sering digoda, cekcok mulu >.<

tapi bukan berarti kita terus-an ambeg2an kan.. itu baru partner, lah ntar kalo suami beneran.. hiks, bisa ga ya? (nanya dalam hati).. makanya kenapa kadang ada orang yang keliatannya cocok banget, punya hobi yg sama, suka ngomongin hal yg sama, suka baca buku yang sama, nyambung satu sama lain. tapi ga berjodoh (alias ga dijadiin sm Allah :P)

di lain sisi, ada yang selama kenal hobinya berantem, punya pandangan yang berbeda, gak pernah ngerti jalan pikiran satu sama lain, tapi ternyata Allah takdirin untuk bersama.. lucu ya, tapi ada..

karena mungkin memang seperti itu, seperti Sunnatullah.. dipasangkan dengan yang berbeda2.. kemajemukan itu Indah, akan terlihat seni-nya, akan terlihat bersiasatnya (haiyaa) :) 

ya toh? ya kan?

pasti pernah ngerasain, saking udah taunya bagaimana menghadapi misal partner lg kondisi “emosi naik”. tiba2, kita tanpa disadari ngeh bagaimana harus bersikap, bagaimana harus meredam.. mengalir begitu saja.. dan begitu juga ketika kita yang justru berada di posisi itu, biasanya mereka tau aja menyikapi. atau biasanya cara gampang mereka adalah mendiamkan dulu sampai kita reda.. hahaha

lagi lagi saling memahami, saling mengerti, saling belajar.. bahwa ternyata, mau kenal sekalipun, pasti masih ada sisi sisi lain yang belum kita ketahui.. makanya, sering denger dari cerita2, curhat2 orang2 yg udah pada menikah, lucu..

ada yang masih sering panggil, anti antum  “eh antum dimana, anak2 udah pd minta dijemput” (ini kok ya serasa lagi aksi) .. katanya buat mengenang masa2 perjuangan dulu di kampus <——— ini buat yang aktivis kampus wkwkwkwk

ada juga, yang masih manggil mbak sama mas.. “ini mba, mari mas antar..” <——— lha, kepriben iki.. gapapa sih, cuman lucu aja :P

atau, dengan panggilan lainnya.. panggilan mesra. kaya Rasulullah.. yang manggil Bunda Aisyah dengan panggilan sayang, Humaira, tapi pas giliran lagi sebel nih.. Rasul bilang “benar2 anak Abu Bakar..” hehehe, unik ya..

ga usah takut juga nih, bagi yang belom nemuin pasangan dengan karakter atau sifat yang kita mau.. lha, emang siapa yg menjamin kalo kita sama karakter dan sifat justru bisa terhindar dr yg namanya berantem2?

karena udah saya liat buktinya, ada pasangan yang wanitanya berisik kaya saya, suka ngomong.. heboh dah pokoknya :P..  dapet suami yang subhanallah, luar biasa kalem.. tapi si istri patuh banget, bak bumi dan langit klo di compare.. kalo dipikir, bagaimana mungkin sang Istri mau menerima seseorang yang akan Ia habiskan waktunya bersama, sepanjang hari, sepanjang tahun, sampai akhir hayat dengan orang yg berkebalikan sifat dan karakter dengannya..

nyatanya, dia baik2 saja tuh.. hahah, emang dah pernikahan bisa ngebuat seseorang berubah (sotoy >.<).. dari yang ga kenal satu sama lain, jadi hampir ngalahin perangko ama surat yang lengket betul, dari yang hobinya tiap hari berantem, eh abis nikah malah jadi pasangan yang rukun aman damai sentosa..

oleh sebab itu.. mari kita berdoa, mari kita upayakan ikhtiar terbaik untuk menjemput masa depan yang hebat.. apalagi hal sensitif seperti menikah.. berpasang-pasangan.. 

dimana ada Cinta yang memiliki peran, Alloh mengajari kita untuk mengupayakan cinta. Seperti cinta kita padaNya yang tidak datang dengan sendirinya. Ia datang dengan iman. Iman datang karena hidayah. Hidayah datang karena jihad menjemput karuniaNya. Dan sebelum itu ada ikhtiar. Jika cinta pada Yang Maha Agung adalah buah ikhtiar, mengapa kita tak mengupayakan cinta pada dia yang dihalalkan untuk kita dan justru malah terbelenggu oleh cinta pada yang tidak dihalalkanNya?

Tetapi memang, dalam hidup selalu ada pilihan antara menikahi orang yang dicintai atau mencintai orang yang dinikahi. Yang pertama hanyalah kemungkinan, sedangkan yang kedua adalah kewajiban. 


Ada dua pilihan ketika bertemu cinta 
Jatuh cinta dan bangun cinta
Padamu, aku memilih yang kedua
Agar cinta kita menjadi istana, tinggi menggapai surga 
(Saksikan bahwa Aku SeorangMuslim, Salim A. Fillah)



:) :) tulisan tengah malem yang mengalir begitu saja..

Cimanggis, Depok 6 April 2012

malam yang makin larut, tapi tidak untuk mataku…


2 komentar:

  1. keren yung..
    memahami manusia emang menarik
    like this so much

    jadii kapan menjemput jodoh?
    #eeaa

    BalasHapus